Beautiful Names for My KIDDIES……

“Nama adalah doa….”

Pernah kan denger ungkapan kayak gitu??? Pastinya lah… Nah,, entah kenapa, dari dulu gw sangat tertarik sama yang namanya NAMA. Mungkin beberapa orang beranggapan apa lah artinya sebuah nama??? Tapi bagi gw,, nama itu gak bisa sembarangan. Apalagi klo ngasih nama orang. Names are hopes afterall…

Gw sangat tertarik sama seni pemberian nama (menurut gw itu seni). Nama yang bagus dan indah memeberikan interpretasi tersendiri di mata gw… So,, dari sekarang (dari dulu2 sih sebenernya) gw udah punya beberapa nama untuk anak2 gw ntar. Mungkin terlalu dini,, tapi apa salahnya,, toh gw suka sama seni yang satu ini…

Oiyah,, tapi sebelumnya gw mau kasih daftar nama2 yang menurut gw bagus. Daftar nama2 yang pernah gw temui selama 20 tahun gw idup, dan menurut gw nama2 ini sangat bagus walopun gw gak tau arti nama2 itu.. Here you are…. (disusun secara alfabetik)

  • Al Faraby — pemiliknya itu temen gw, Said Al Faraby. Pas searching di google sih dapetnya nama tokoh Islam gitu,, filsafat. Gak tau juga apa emang diambil dari nama itu ato bukan. A really nice name!
  • Az-Zahri — klo yang ini nama kakak gw, Ilyas Az-Zahri Susianto. Sempet keliru pas ngira klo kata Az-Zahri itu berasal dari kata Az-Zahra (bunga),, tapi ternyata bukan,, lagian Az-Zahra kan nama cewek….
  • Bilhasry — tertarik sama nama ini sejak denger pertama kali. pemiliknya temen gw juga, Bilhasry Romadhony. Entah artinya apa,, tapi enak aja didengernya….
  • Eskanaluwa — yang ini namanya senior gw, anak 2005. Marissa Nur Eskanaluwa. Unik banget namanya…
  • Najib — nama adeknya si Mahmud,, gak tau juga artinya apa. Nama depan pemiliknya Yanuar, klo Najib itu nama belakangnya.
  • Najla — namanya imut. Orang yang punya juga imut kok. Adek sepupu gw,, umurnya sekarang sekitar 5 tahun. Nama lengkapnya Najla Syahtifa Imani Latuconsina. Bagus kan namanya…. Artinya juga bagus,, tapi gw lupa apa.. hihihi… Klo Latuconsina itu nama marga bapaknya (orang Ambon).
  • Syauqi — sempet kepikiran pengen ngasih nama anak gw pake nama ini.. Yang punya nih nama itu adeknya temen gw,, gak tau nama lengkapnya siapa, klo gak salah sih nama depannya Nabil.
  • Ul-Haq — kebenaran. Ini namanya kakaknya si Syauqi. temen sekelas gw,, M. Mahbub Ul-Haq. Artinya klo dipikir2 dalem anget lhoo…
  • Wannihaq — nama paling unik yang pernah gw temui. Wannihaq Yuhamrithama,, temen sekelas gw waktu SMA. Pas ditanya apa arti namanya, pernah dia jawab sambil becanda,, Wanni (wani) dalam bahasa jawa kan artinya berani. Nah Haq itu artinya benar,, jadi Wannihaq itu artinya berani karena benar. Hihihi,, gak tau itu beneran ato enggak….

Tapi,, diantara nama2 itu,, ada nama lain yang jadi favorit diantara yang favorit. Yup,, tidak lain tidak bukan adlah nama gw sendiri,, Isa Albanna Susianto. Isa itu diambil dari nama rosul Allah ke-24,, klo gak salah sih artinya secara harfiah itu Yang Diberkati (bahasa Ibrani). Albanna diambil dari nama Hasan Al-Banna,, klo gak salah juga, artinya secara harfiah itu Pembangun. Dan Susianto itu nama belakang bokap gw yang diturunin ke semua anaknya,, asalnya dari bahasa Jawa Sansekerta,, artinya Lelaki Yang Baik. Wah,, indah sekali…………..

Duh,, dari tadi bahasan kita gak nyambung sam ajudul postingannya yah??? Oke,, cukup mukadimahnya,, kita masuk ke intinya. JAdi disini gw mau kasih beberapa daftar nama2 yang jadi kandidat untuk dikasih ke anak2 gw entar. Yang pasti nama2 ini bagus luar dalam…. hehe,,, ini nih….

Nama Depan

Untuk nama depan,, gw sengaja menyeragamkannya. Semua nama depan anak gw entar berawalan substring Zu. Gak ada alasan spesifik untuk itu,, cuma suka aja,, unik. Ini dia nama2nya (co = cowok,, ce = cewek) :

  • Zuama (co) — pemimpin
  • Zufary (co) — dari kata Zufar (singa)
  • Zuhuda (ce) — rendah hati
  • Zuhara (ce) — venus, bintang fajar
  • Zulifa (ce) — dari kata Zulfa (kedudukan yang dekat)
  • Zuhriya (ce) — dari kata Zuhriyah (bunga)
  • Zurara (ce) — dari kata Zurarah (nama burung)

Nama Tengah

Nama tengah anak2 gw entar juga seragam. Untuk yang cowok,, diawali substring Al-Fa. Kenapa Al?? Soalnya biar sama sama nama tengah gw,, Albanna (diawali Al juga). kenapa Fa??? Soalnya Untuk nama2 dalam bahasa arab,, yang berawalan F lebih enak didenger (menurut gw) dan lebih cocok klo ditambah awalan Al. Sedangkan yang cewek,, semua diawali A dan suku katannya a-i-a.

  • Al-Faruqi (co) — dari kata Faruq (pembeda yag baik dan yang buruk)
  • Al-Farisi (co) — dari kata Faris (penunggang kuda)
  • Al-Fajari (co) — waktu fajar
  • Al-Fairuuz (co) — batu permata biru
  • Al-Fadholi (co) — kelebihan, keutamaan
  • Al-Fadhila (co) — dari kata Fadhiil (yang utama)
  • Al-Faaiqi (co) — dari kata Faaiq (istimewa)
  • Amira (ce) — dari kata Amirah (Ratu)
  • Abiyya (ce) — dari kata Abiyyah (Mulia)
  • Adiba (ce) — dari kata Adibah (Beradab)
  • Ariba (ce) — dari kata Aribah (Pandai)
  • Alfiya (ce) — dari kata Alfiyyah (memiliki sifat ribuan)
  • Athifa (ce) — dari kata Aathifah (Pemberian)
  • Ashila (ce) — dari kata Ashilah (terhormat)
  • Athiyya (ce) — dari kata Athiyyah (pemberian)
  • Arrosa (ce) — mawar

Nama Belakang

Untuk nama belakang cuma ada satu pilihan. Yup,, SUSIANTO. Nama itu akan gw turunin ke anak2 gw,, biar entar diturunin lagi ke cucu2 gw,,, huahahaha….. Ayo bikin keluarga besar Susianto…!!!!

Nah,,, itu dia nama2 yang gw pilih,, tinggal dikombinasiin ajah.. Untuk saat ini kombinasi yang gw pilih adalah :

  • Zuama Al-Faruqi Susianto (co)
  • Zufary Al-Faaiqi Susianto (co)
  • Zulifa Ashila Susianto (ce)
  • Zurara Arrosa Susianto (ce)
  • Zuhriya Athifa Susianto (ce)
  • Zuhara Amira Susianto (ce)
  • Zuhuda Athiyya Susianto (ce)

Duh,, butuh stok nama cowok lebih banyak nih,, he.. Bagus kan nama2nya…??? Klo temen2 punya usulan kombinasi lain bilang ajah,, ditampung kok usulannya… hihihi… Nama adalah Doa,, jadi Insya Allah bisa terwujud nantinya.. Amiinn….

26 Responses to “Beautiful Names for My KIDDIES……”

  1. relawanmuslimah Says:

    SETUJU!!!

    hore! akhirnya ku punya teman senasib juga..jadi gak dibilang aneh sendiri,,hahaha..

    ku juga sudah depet nama buat anak ku nanti kak, aku dapet ilham (cah ilham…) waktu kelas 3 SMA waktu tengah belajar bahasa indonesia, tiba2 aja datang secercah cahaya…hihihi..

    tapi baru nama cewek, soalnya aku kepingin dapett anak cewek, tapi bukan berarti juga gak pingin dapet anak cowok,,bukan juga berarti anak ceweknya jadi anak sulung,,hwahwahwa…

    FAKHITA AZ ZAHRA…

    (KU PERCAYA, KAK ISA TAK KAN MENGHIANATI KU SEHINGGA IKUT2AN..JANJI YA..LAGIAN SELERA KITA BEDA KAN???!!!)

    awalnya aku sangat senang sekali, sampai2 temanku melarangku memberitahukan ke orang lain karna dikhawatirlkan ditiru, tapi ntah kenapa ku mau aja ngasih tau kak isa..

    fakhita ku ambil dari nama Fakhita-cinta pertamanya Rasulullah..dan az zahra, dari nama anaknya rasul-fatimah az zahra(kalau rohma sih lebih suka mengartikannya dengan musim semi atawa bersemi)

    jadi, artinya cinta pertama yang bersemi,…

    itu melambangkan buah hati “kami” nanti,, buah hati saya dengan “cinta pertama saya”, sebab cinta pertama saya adalah calon suami saya, hihihii…

    hmmm…..senangnyaa…

    Isa said :
    wah wah,, romantisnya…..

  2. relawanmuslimah Says:

    romantis kan memang perlu, apalagi kalo udah nikah, harus itu,,,hihihi

    smoga nanti kalo masing2 kita sudah punya anak yg imut2, tak lupa diposting begini ya kak..

    Isa said :
    Oke2,, istiqomah ngeblog,,,
    hweheheh….

  3. prajuritillahi Says:

    wah..wah..wah.. aku belum kepikiran euy bwt nyiapin nama bwt generasi penerusku kelak…

    Kalo namaku sih yang ngasi teman orang tuaku, yang juga jadi ustadzku waktu belajar agama dulu. Artinya apa ya? aku ga pernah bertanya soalnya. Tapi kaya’nya emang ga ada artinya deh, ngikutin nama ahli filsafat islam aja mungkin..

    Entar kalo ku punya anak bagi-bagi namanya boleh donk… beli deh klo ga gratis…:mrgreen:

    Isa said :
    *masih nyari2 apa arti Al Faraby*

    buat anak pertama gratis deh,, itung2 masa promosi..
    tapi yang selanjutnya 10.000 per huruf… itu udah harga temen lhoo…
    Oke2?? Deal???

    huwahahahha….

  4. relawanmuslimah Says:

    @ said al faraby

    “Entar kalo ku punya anak bagi-bagi namanya boleh donk… beli deh klo ga gratis…:mrgreen:

    wah parah nih bg said…
    kak isa, jangan mau ngasih bg said (mode bujuk-ngasut : ON)
    hihihi:mrgreen:

    kalo tak salah si bg, al faraby selain merupakan nama filsafat islam, ada hubungannya dengan darah abang (baca: darah melayu)..sebab kalo tak salah al faraby adalah penemu tari zapin bro…

    trus, said ya…
    sahid itu mati sahid ya?
    kalo sayyid, sa’id… said (ini rohma agak lupa yg urutannya)
    bahagia, pemimpin

    jadi, bg said adalah orang yang suka berbahagia

    tapi dulu kalo tak salah di belakang layar rohma nyebut bang said sih “pemimpin yg berbahagia”

    mengingat bg said sendiri adalah org yang suka tampil ceria dan rajin tersenyum

    yaaah, wallahu a’lam

    Isa said :
    Sa’id itu artinya orang yang berbahagia..

  5. risna1911z Says:

    Saya juga udah punya nama idaman ni buat anak2 saya kelak (insya Allah)…

    1. Zahra –> awal suka c bukan karena artinya, tapi karena liat film “children of heaven”,, sampai sekarang lom ada orang yang saya kasih tau kenapa saya suka tokoh zahra difilm itu.
    trus searching2 ternyata artinya bunga, ok juga kan.
    makanya email saya yang pertama zahramaniz@yahoo.com hihihihi

    2. Barkhiya Tsaqib –> masih bingung mau buat co or ce, tapi tar tinggal kasih nama depannya aja biar orang2 gak bingung. Untuk nama depan masih searching2 mpe sekarang, mungkin nama2 tadi bisa jadi referensi.
    Nah setelah saya memutuskan memakai nama ini makanya saya bikin email baru yang saya kasih nama “risna barkhiya tsaqib”😀

    tapi saya gak pernah tau loh arti nama saya apa???
    oke lah, karena susah mencari di internet maupun kamus dalam bahasa apapun maka saya sendirilah yang akan menuliskan arti untuk nama saya hehe (sok puitis gitu :p )

    Isa said :
    Barkhiya Tsaqib?? lucu lucu…..
    Klo ditengah2nya dikasih nama sisipan gimana mba??? jadinya Barkhiya Al-Fairuuz Tsaqib bagus tuh….

    Biasanya sih orang jawa namanya dari bahasa sansekerta….
    coba aja cari di kamus sansekerta….

  6. relawanmuslimah Says:

    iya, memang said artinya orang yang berbahagia

    wah mbak risna, ditunggu anak selanjutnya…

  7. risna1911z Says:

    nama saya kayaknya lebih modern dari bahasa sansekerta deh…
    biasanya bahasa sansekerta susah dilafalkan hehehe

  8. prajuritillahi Says:

    O said artinya orang yang berbahagia ya??? Baguslah, karena nama itu tentu jadi nama depan anakku juga. Kedua orang tuaku punya nama depan yang aneh mungkin bagi orang-orang yang ga tau..haha..

    Kalo keluarga bapakku nama depan cowok Said, dan cewek Syarifah..
    Kalo keluarga ibuku nama depan cowok Abang, dan cewek Yang..

    Mungkin ntar aku gabungin aja pa ya nama depannya.. Said+Abang jadi Sabang…haha..
    Syarifah+Yang jadi Syayang….heheheh…

    Isa said :
    iya id,, aneh..
    nama keluarga kok di depan…
    lucu aja pas aku liat kartu keluargamu…
    tapi unik sih…..

    hihihi…

    apa emang adat orang sana gitu ya id???

  9. relawanmuslimah Says:

    @ mbak ku

    nama mbak ato nama anaknya yg modern??

    @said al faraby

    oh boleh tu, tar namanya jadi Sabang merauke… haha..
    yg satu syayang abi umi..hihihi

    iya juga tuh bang, kalo orang melayu, digabung begitu dari nama depan yg berbeda ngikut keluarga laki2 ato perempuan? ck ck ck…

    @ kak isa

    kak isa pinter banget sih!? kreatif…

    Isa said :
    iya dunk,, hihi…

  10. relawanmuslimah Says:

    idih..pakal aja kak isa bukan wartawan..kalo gak uda saya tuntut karna mengubah karya orang lain tanpa hak cipta..

    enak aja maen bold2 an segala…mentang2 dirinya dipuji niiihhh..parah kak isa mah

    Isa said :
    suka2 yang punya blog donk…
    hihihi…

  11. @ISA
    Gini, sa, itu bukanlah adat orang di tempatku. Nama depan Said cukup banyak yang punya, nama itu artinya ada keturunan Arab, katanya sih gitu… Mungkin nenek moyangku orang arab kali,, tapi kemaren emang ada sih yang dari arab datang ke tempatku bwt nyari silsilah..haha..

    Kalo Abang atau Yang, ini lebih langka lagi, ga banyak dengan nama seperti itu. Di kampungku sepertinya cuma keluarga kakekku aja, terus sisanya di Malaysia, setahu aku, karena saudara kakekku banyak yang dimalaysia juga..

    @relawanmuslimah
    Ikut laki-laki, makanya nama depan abg said, bukan abang.

    Isa said :
    *LOL*
    gak ngerti id,,
    yang aku cuma bisa nangkep klo namamu itu pasaran…
    hehe….

  12. relawanmuslimah Says:

    @ prajurit Ilahi

    wahh,, jadi tar kalo yg nikah dari darah melayu justru perempuan (maksudnya perempuan melayu dg laki2 gak melayu) tar nama anaknya gak melayu dunk, ilank dah ciri khasnya…

    apa jangan2 aku begitu ya?? tuink tuink

    soalnya rohma juga keturunan melayu, tapi gak ada pake’ embel2..kakek ku juga…nenek ku juga…ibuku namanya salmah (masih ada nyasar2 mnama melayunya) buyut putri ku mungkin ya yg ada? tuink tuink…

  13. relawanmuslimah Says:

    @ kak isa

    waaahh..enak aja ni sekate2 ngatain nama orang pasaran..huh!

  14. suryopranoto Says:

    Nama anak? Hem, yang ada hubungannya ma matahari ajalah😀
    1. Langit Fajar –> Kayaknya bakal jadi “player” nieh
    2. Muhammad Asy-syamsiah –> Broker korma arab
    3. Solaris Utomo –> Hacker😀
    4. Matahari Nugraha –> ibunya orang sunda🙂
    5. Debian Mentari Pagi –> Kernel Developer
    6. Ro Sangkakala –> Mantan Preman Yang Insaf jadi ustadz😉
    7. Napoleon Le’Soleil –> potoh model Internasional
    Hahahaha… masalah nama biar besok calon umi aja yang nentuin:mrgreen:

    Isa said :
    namanya gak match satu sama lain mas….:mrgreen:

  15. kak isa, kalo nama depannya pake Z ntar kalo diabsensi di akhir2 lho kak.. aku dulu gitu sih waktu jaman es em pe =)

    @mas suryo
    haha, gitu ya yang namanya pake matahari, yang Solaris Utomo mekso banget deh =p..

    Isa said :
    sekolah jaman anakku entar kan udah pake NIS (nomor indunk siaswa),, jadi kayak kuliahan gitu,, gakr berdasarkan abjad…
    huahahahah….

  16. relawanmuslimah Says:

    mas suryo perlu kursus create nama dulu tuh ama kak isa..

    @ said

    iya ya,,kalo nama abang jadi abang al faraby..mungkinkah ku kan memanggil abg dengan panggilan “bang abang” hihihi…ade2 aje..

  17. whegreen Says:

    nama anak??
    hmmmm . . .

    sudah kepikiran sih . . .

    tapi masih rahasia,,
    =)

    sudah mempersiapkan 1 nama cowok dan 1 nama cewek,
    semoga besok anakku pas 1 cowok 1 cewek , , ,
    he3 . . .

    yang pasti unik kayak namaku dan penuh falsafah . . . .
    wkwkwkwk . . .

    kak isa belum tau artinya danto kan?

    Isa said :
    biar kutebak,,
    hmm…. danto diambil dari nama orang juga yah????
    ya kan???

  18. hapihappy Says:

    hahaha,, lucu2…
    tapi kok depannya Z smua?
    ntar absenya trakhir loh.. =p
    iya,, doa adalah nama,, eh kebalik,,,
    hapsari dunk.. percaya g artinya apa?
    bahasa jawa nya artinya bidadari…
    hehehehe…. jadi terharu dikasih nama itu.
    kok jadi kepikiran juga ya sa?
    anakku aq kasih nama apa yah?

    Isa said :
    klo mau pake nama2 diatas juga boleh kok pi,,
    buat anak pertama gratis,, tapi anak kedua dan selanjutnya bayar…
    bisa nego kok,, klo mau deal2an sms ajah….
    wkwkwkkwwkw…..😀😀

  19. eh, nama yg bagus yg depannya A kira2 apa?

    Isa said :
    nama bagus yang depannya A???
    ALBANNA!!!
    ya kan??

  20. heh, enak aja
    itu kan dh dipake ente

    yg laen dunk…

    aq pengennya ntar keluargaku nama depannya pk A semua
    bgs ga?:mrgreen:

    Isa said :
    tapi ALBANNA itu emang luar biasa bagus lhooo…
    hahaha….

  21. relawanmuslimah Says:

    ya udah rif, namanya jadi arif aja semua..

    arif budiman
    arif setiadi
    arif setiawan
    arif-arifan

    hehehe..

  22. wannihaq yuhamrithama Says:

    hahaha..
    yaampun isa..
    alhamdulillah,
    ternyata nama gw menjadi inspirasi..
    hehe

  23. relawanmuslimah Says:

    bismillah

    tak copas yooo

  24. relawanmuslimah Says:

    owalahh..mbak eka…promosi kok di blog yayang…hihihiy

  25. […] } Habis blog walking dan membaca salah satu postingan teman gw tentang pemberian nama untuk anak. Gw sependapat sama kak Isa bahwa pemberian nama untuk seseorang itu sangat penting karena nama itu […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: